Just another WordPress.com site

Penyusunan Personalia

PENYUSUNAN PERSONALIA DAN ORGANISASI

Dalam mengenal penyusunan personalia didalam organisasi kita harus mengetahui definisi dari penyesuaian personalia terlebih dahulu. definisi dari penyusunan personalia. Atau biasa disebut dengan:
human resource planning adalah sebuah perencanaan masa depan kebutuhan personnel sebuah organisasi, memperhatikan aktivitas internal dan berbagai faktor dalam lingkungan eksternal. Dalam menyusun personalia sangat dibutuhkan perencanaan yang matang tentang pemilihan kegiatan yang dapat menunjang kemajuan sebuah organisasi. Maka dalam hal itu pula kegiatan ini akan membutuhkan bakal calon individu yang dapat membantu kegiatan ini. Yaitu pengrekrutan atau yang disebut pula dengan Recruitment.
Recruitment adalah mengembangkan kumpulan calon tenaga kerja dalam hubungan dengan rencana sumber daya manusia. Recruitment ini dapat membantu menyalurkan tenaga kerja ke instansi tertentu yang membutuhkannya. agar dapat bekerja sesuai kompetensi yang dimiliki oleh seorang tenaga kerja itu sendiri. Sebagai contoh: seorang tamatan sekolah menengah kejuruan (smk) yang memiliki keahlian dalam penerbangan, dengan keahliannya itu orang tersebut dapat bekerja menjadi seorang pilot penerbang pesawat.
Selection
Adalah proses saling menguntungkan, organisasi berhak memutuskan apakah akan menawarkan pekerjaan atau tidak dan calon memutuskan apakah akan menerima tawaran atau tidak. Disini organisasi yang mengadakan penyeleksian akan sangat selective dalam memilih calon pekerjanya karena pekerja itu akan sangat berpengaruh terhadap kemajuan organisasi tersebut.
Training Program
Proses yang didesain untuk mempertahankan atau memperbaiki prestasi kerja saat ini. Bila prestasinya makin meningkat seiring waktu, maka organisasi dapat menjanjikan untuk kenaikan jabatannya di organisasi.
Developmental Program
Proses mendesain untuk pengembangan keterampilan yang perlu demi aktivitas pekerjaan di masa depan. Kegiatan ini dapat dilakukan dengan cara menyekolahkan pekerja yang sudah kelihatan kinerjanya baik bagi organisasinya ke tingkat yang lebih tinggi. Untuk menununjang demi kemajuan organisasinya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s